KKJI Terus Melangkah Maju

Koperasi Konsumen Jantung Indonesia kini telah banyak melakukan kerja sama bisnis. Selalu berusaha memenuhi kebutuhan anggota.

IHN7_peristiwa01

SALAH satu booth di ajang pertemuan ilmiah Indonesia Heart Rhythm Society (InaHRS), di Westin Hotel Jakarta, 18-19 Agustus 2017 cukup menarik perhatian. Umumnya, peserta booth berasal dari industri farmasi tapi kali ini didirikan oleh Koperasi Konsumen Jantung Indonesia (KKJI). Selain memajang sejumlah barang-barang cendera mata, buku-buku ilmiah, booth KKJI juga menampilkan sejumlah peralatan kesehatan seperti alat ECHO Clover60 dan INR Coagucheck.
Itulah koperasi resmi bentukan Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI). Kegiatan booth pada sejumlah pertemuan ilmiah kardiologi ini memang menjadi salah satu program kerja KKJI. Koperasi ini telah dibentuk pada 2013. “Tujuannya meningkatkan kesejahteraan anggota PERKI. Saat itu Ketua PERKI Pusat Prof DR Dr Rachmat Romdhoni (2012-2014) menunjuk Dr Pri Utomo, SH sebagai Ketua Koperasi PERKI Pusat,” tutur DR Dr Antonia Anna Lukito, Wakil Ketua I kepada InaHeartnews.
Kondisi kinerja KKJI secara umum saat ini, menurut Antonia, mulai berkembang, terutama karena makin banyaknya partisipasi dan dukungan anggota KKJI terhadap koperasi ini. Misalnya, sejumlah panitia acara ilmiah kerap menyediakan lapak gratis untuk booth KKJI tadi. “Pada booth KKJI sendiri kami menyediakan produk-produk yang telah bekerjasama dengan KKJI, seperti alat INR, textbook, alat ECHO, ECG, dan lain-lain,” kata Antonia.
Sejauh ini para pengurus KKJI terus berusaha mengembangkan dan memperkuat kegiatan usaha. “Untuk kegiatan usaha KKJI kini mengalami perkembangan, banyak alat yang disediakan di KKJI dan tentunya dengan harga yang lebih murah,” katanya. Antonia melanjutkan, bukan hanya dari anggota KKJI saja yang memesan, melainkan dari pasien dan rumah sakitpun ada yang memesan ke KKJI, seperti alat INR yang disediakan KKJI. Selain itu pemesanan Textbook Elsevier juga banyak.KKJI juga sudah berhasil menjual alat ECHO.
Sejauh ini, KKJI memang telah melakukan banyak kerja sama bisnis dengan beberapa perusahaan. “Kami berusaha untuk menyediakan keperluan yang dibutuhkan oleh para anggota KKJI,” kata Antonia. Adapun produk yang telah bekerja sama dengan KKJI itu adalah alat ABPM, Spyder, ECP Renew NCP-5, alat ECHO Samsung, ECHO Mindray M5, Apron, AERO Warp, ECHO WISONIC Clover60, alat ECG, alat INR Coagucheck, alat ECG, juga tersedia textbook Elsevier.
Antonia juga melaporkan jika tingkat aktivitas dan partisipasi para pengurus dan anggota KKJI semakin baik. “Sebagai Pengurus KKJI, para pengurus berusaha maksimal untuk mengembangkan usaha yang telah berjalan di KKJI. Untuk itu para pengurus sangat mengharapkan peran aktif dari anggota KKJI akan lebih baik ke depannya,” katanya lagi.*

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s